loading...
loading...
Keripik atau kerupuk sanjai adalah cemilan atau makanan ringan yang terbuat dari olahan singkong yang dikupas kulitnya dan dipotong-potong tipis dengan taburan garam. Keripik sanjai ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Bukittinggi, Sumatera Barat bagi para pelancong yang telah berkunjung ke daerah tersebut.

Keripik sanjai memiliki varian olahan penyajian dari muali yang biasa hingga menggunakan campuran bumbu dan olesan gula merah juga balado. Nah, kali ini zmtirta.blogspot.com akan berbagi resep cemilan nikmat untuk anda yaitu keripik sanjai balado. Penasaran apa saja bahan-bahan dan bagaimana proses penyajiannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Bahan-bahan Keripik Sanjai Balado
  • Ubi singkong (kupas kulitnya, potong tipis), 500 gr
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan sambal Keripik Sanjai Balado
  • Cabe merah (buang bijinya), 20 buah
  • Bawang putih, 5 siung
  • Gula pasir putih, 5 sdm
  • Cuka makan, ½ sdm
  1. Terlebih dahulu kupas singkong dari kulitnya, potong tipis-tipis, lalu bersihkan. Kemudian taburi potongan singkong dengan garam dapur dan diamkan sekitar 10 menit agar garam meresap merata.
  2. Setelah itu, panaskan minyak lalu goreng potongan singkong hingga matang dan garing renyah. Angkat dan tiriskan. Goreng hingga semua potongan singkong habis.
  3. Selanjutnya, siapkan sambal keripik sanjai balado dengan cara meumbuk semua bahan bumbu sambal sampai halus dengan tambahan cuka makan, aduk rata.
  4. Kemudian tumis bumbu halus sambal hingga matang dan tiriskan.
  5. Setelah sambal jadi, campurkan keripik singkong yang sudah digoreng garing bersama dengan bumbu halus sambal tumis hingga tercampur rata.
  6. Keringkan keripik dan simpan dalam toples untuk disuguhkan nanti.
Demikian proses penyajian keripik sanjai balado dari resep keripik sanjai balado gurih renyah kreasi ala dapur rumah. Dapatkan juga resep masakan sedap serta resep minuman seger nikmat hanya di zmtirta.blogspot.com, terasa sedap terasa mantap.
loading...

0 komentar:

loading...